Selain Visi dan Misi seorang pemimpin harus mempunyai strategi untuk membangun sebuah perusahaan atau organisasi. Jadi pemimpin harus memikirkan dan berkomitmen untuk menuju tujuan yang kelak mereka impikan, tanpa strategi hampir tak ada kemajuan sama sekali dalam perusahaan atau organisasi yang ada,
Menggunakan Strategi yang baik adalah bagaimana bertahan hidup dalam dunia kompetitif. kunci sukses adalah memahami dasar-dasar bisnis. Dasar bisnis nomor satu adalah merancang dan mempertahankan strategi yang jelas dan terfokus.
|
Jack Trout |
Menurut
Webter's New World Dictionary, definisi strategi adalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi militer berskala besar. Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh. Jack Trout dalam bukunya
Trout On Strategy menulis bahwa inti dari strategi adalah bertahan hidup, resepsi, menjadi berbeda, persaingan spesialisasi, kesederhanaan, kepemimpinan, dan realitas. "Kami sudah lama menjadi perusahaan yang sukses sekali tetapi sukses bisa menjadi musuh yang paling buruk. kami ingin berhati-hati agar kami tidak terlalu percaya diri atau beberapa orang menggunakan kata-kata angkuh. Dalam keadaan sukses seperti kami, kami tidak ingin merasa puas. kami ingin mendekati setiap hari dengan ketidakpuasan yang sehat dengan status quo," kata Arnold Langbo, CEO Kellog Company.
|
John Sculley |
Inti dari strategi adalah persepsi. Keunggulan bersaing perusahaan sesungguhnya adalah keunggulan komunikasi, sehingga masalah dalam bersaing adalah masa dalam berkomunikasi. Strategi position sesungguhnya adalah strategi komunikasi Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang di bangun dalam penghargaan yang rendah dari sudut pandang penerima. Jika Anda berhasil dalam Periklanan, kemungkinan Anda akan berhasil dalam bidang bisnis, agar politik, atau aktivitas lain yang membutuhkan komunikasi massa. Positioning merupakan konsep yang mengubah keaslian iklan, konsep sederhana yang membuat orang menghadapi kesulitan dalam memahami kekuatannya. Positioning bukanlah sesuatu yang anda lakukan terhadap produk. Positioning adalah sesuatu yang Anda lakukan terhadap pikiran calon konsumen, yaitu menempatkan produk itu pada pikiran calon konsumen. Anda salah jika menyebut konsep ini sebagai 'positioning produk'. Seperti halnya anda melakukan sesuatu hal fisik produk itu, maka salah jika positioning tidak melibatkan perubahan. Perubahan tersebut merupakan perubahan terhadap nama, harga, dan kemasan, bukan terhadap produk secara keseluruhan. pada dasarnya, ada perubahan penampilan yang akan dilakukan dengan tujuan menjamin suatu posisi yang lebih berharga dalam persepsi calon konsumen. Positioning juga merupakan tubuh pemikiran yang pertama yang dirancang untuk memegang permasalahan dalam mendengarkan masyarakat kita yang kebanjiran informasi. satu-satunya pertahanan yang memiliki seseorang dalam masyarakat adalah pemikiran yang sangat sederhana. Maka pendekatan terbaik yang akan diambil seseorang dalam masyarakat adalah pesan yang sederhana. John Sculley, mantan Chairman Apple Computer mengatakan "Segala hal yang telah kita pelajari dalam era industri cenderung menciptakan kerumitan yang semakin parah. Saya kira semakin banyak orang yang sadar bahwa Anda harus melakukan penyederhanaan, bukan sebaliknya. ide ini sangat Asia, yaitu bahwa kesederhanaan adalah kecanggihan terhebat."
Lebih baik menjadi luar biasa dalam satu hal daripada jago dalam banyak hal. Beritahu konsumen bahwa Anda adalah spesialis. Hemming Motor News merupakan majalah spesialis motor dengan penjualan 265.000 kopi per bulan. Pendapatan kotornya mencapai US$20 juta setahun. Satu terbitan memiliki 800 halaman dengan 20.000 iklan. "Saya hanya biasa di atas kuda luar biasa," kata Terry Ehrich, salah satu pemilik majalah tersebut. Kuda yang sangat spesialis, tulis Jack Trout.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar